Cepet Nyusul Yaaaa...



Salam
Berawal dari gue iseng nge retweet with comment suatu tweet di beranda twitter gue, Lani--adik satu satunya gue ikut ngekomen apa yang gue komen. Karena kami mengenal sebuah teknologi bernama whatsapp dan kebetulan hape kami bukan esia hidayah maka kami putuskan untuk lanjut ngobrol melalui aplikasi privat tersebut

Topiknya adalah, Lani lapor kalo ada oknum bude dari keluarga besar Abi yang mulai rewel nanya nanyain nyokap soal "Bita kapan kawin?"

Zuzur, meskipun topik semacam ini harusnya udah gue antisipasi mengingat korbannya massal dan tidak hanya terjadi pada strata ato kelas tertentu aja. tapi tetep aja hati gue (tiba tiba) mencelos

Mencelos kenapa?
karena selama ini gue slalu membangga-banggakan keluarga gue adalah keluarga supportif yang sama sekali nga pernah ikut campur kapan gue mo kawin. gue mikin kaya gitu soalnya emang mereka nga pernah nanya langsung di depan muka gue. jadi gue ngira "wah, asik nih. Meskipun dah tua tapi jiwanya muda nga nyuruh orang cepet cepet kawin"

Ternyata, namanya bude tetaplah akan menjadi bude
ya emang ga bakal jadi anggota kerajaan panama juga sih, tapi paling nga gue  kalo besok jadi seorang bude, gue bakal jadi bude gaul cem Jennifer Anninston lah bro. Gile

Mereka bukannya asik nga mikirin kapan darah daging orang kawin, tapi guenya aja mujur karena hidup jauh dari mereka. Jadi emang nga ada waktu buat diceramahin masalah ginian

Balik lagi ke cerita Lani.
gue tanya, siapa oknum bude yang nanya? 
ngaaaa gue nga mau ngebikinin bude gue thread di twitter, cuma buat jaga-jaga aja. Jadi kalo misal ada kesempatan pulang kampung, gue tahu bude yang mana yang harus dihindarin

Ternyata Lani nga bisa ngasih tau bude yang mana. Soalnya dia juga tahunya dari Ibuk. Jadi ceritanya, kemarin Abi-Ibu-Lani pergi ke tempatnya para bude ini soalnya lagi ada syukuran rumah baru. Nah, pas pulang, di mobil Ibuk cerita kalo tadi ditanya-tanyain sama para bude ini

[ini harusnya pake bahasa jawa tapi gue translate biar kalo ada yang baca dari bulukumba masih bisa tau artinya]
"Bita kapan kawinnya?"
"Ini sudah waktunya dia"
"Dia itu kelamaan hidup di kota besar. Makanya dia nggak kepikiran nikah"
"Emang masih belum ada yang deket?"
"Mau dicariin tah?"
"Sampai kapan Bita mau dilangkahi?"

BTW gue emang abis dilangkahi sama dua sepupu gue. Satunya cowok usia 20 tahun (iya lo nga salah baca, dan no dia bukan hamilin anak orang. ya emang dah pengen nikah aja) trus satunya lagi sepupu cewe yang usianya satu tahun dibawa gue 

Tapi gue ngga merasa sebel tuh dilangkahin mereka. Ya ngapain njir, emang dilangkahin sesuatu yang memalukan apa? Selama mereka rasa mereka siap dan itu sudah 'waktunya' mereka nikah ya ngapain ngeribetin sodara lain yang belom nikah siiiiiih???

Lagian sepupu doang. Lani aja kalo emang Allah berkehendak nikah duluan yaudah atuh sok aja mangga. Aku dukung dengan sepenuh jiwa

Weitsss tegar gila gue kedengerennya
bukannya begitu sobat kekeyi...
gue bukannya setegar itu juga, nga.

Gue cuma percaya setiap manusia udah punya 'waktunya' dan waktu orang satu dan orang lainnya itu beda beda

Ada yang 20 udah dipertemukan dengan jodohnya, ada juga yang 25 masih meraba-raba. Itu skenario yang udah dipilih Tuhan buat kita. Siapa gue minta ganti skenario? Gini deh, kalau nih, kalau, Tuhan minta gue nikah umur 23 ya pasti umur 23 gue udah neng nang neng glung dan ngga kedinginan sendirian di kosan sambil ngomel ngomel kek sekarang 

Tapi nyatanya kan nga semudah itu dong pak eko

Disini gue mulai tahu kenapa akhir akhir ini, nyokap yang biasanya adem ayem mulai nanya nanya yang rada nyerempet. Ya gimana, kalo tiap ketemu ditanyain begituan ya cape juga ngejawab tanpa kepastian. Untung aja rumah gue dan rumah keluarga besar itu jauh. Jadi nyokap nga perlu tiap hari bingung ngasih jawaban apalagi

Oh iya, while we talk about this. let me tell you the answer of my bude bude annoying question. yuk maree...

"Bita kapan kawinnya?" 
kalau udah waktunya
"Ini sudah waktunya dia"
tahu darimana?
"Dia itu kelamaan hidup di kota besar. Makanya dia nggak kepikiran nikah"
kepikiran koook, bahkan gue juga udah nyiapin nama anak cowok. nama anak cewe yang masih belom gue tentuin. apa kata bapaknya aja kali biar adil
oh iya, kalo udah kepikiran nikah itu berarti harus siap kepikiran kesehatan finansial nga sih? nanya doang bude, nga minta sangu kok
"Emang masih belum ada yang deket?"
ada, alhamdulillah. ganteng dan keren banget. suami ato pacar lo kalah semua, mampus. canda zheyeng
"Mau dicariin tah?"
hah? apa? pokemon?
"Sampai kapan Bita mau dilangkahi?"
sampai orang orang bisa menormalisasi fenomena menikah tanpa bingung kalo ada sodaranya yang lebih tua belom nikah

Gini lho Suratman
ini kan nikah ya, bukan kek lo lagi ujian kenaikan kelas gitu jadi kalau nga sekarang nikah berarti dibilang tinggal kelas?

Ini masalah dua hati yang harus nekan ego masing masing untuk saling kompromi sampe mati. Iya, sampe mati. Siapa emang yang mau nikah berkali kali?

Kalau urusannya sepenting ini ngga mungkin dong kita grusa grusu nentuin tanggal rabi. Ya mungkin untuk sebagian orang menikah segampang dan semudah rey mbayang vs dinda hauw. Tapi bagi sebagian lain, gue lebih tepatnya--pengen momen sakral ini bener bener se spesial itu

Dan menurut gue, ngga ada yang lebih spesial dari ada di waktu yang tepat

Nasi goreng spesial kalo makannya saat lagi kenyang juga rasanya nga bakal spesial

"Selamat menikah, semoga bahagia terus apapun jalan cerita"
"Wah thankyou banget bit, semoga cepet nyusul"
............

"Emang lo udah sampe mana sih?"

X.B

0 komentar