Fck, I'm Sad



Kinda emotional today. Setelah banyak purnama dihabiskan untuk semedi, akhirnya gue memberanikan diri buat ngajuin resign

Asli, ini adalah pengajuan resign pertama gue karena sejak lulus kuliah gue langsung kerja di perusahaan ini dan sama sekali gapunya pikiran buat loncat ke perusahaan lain. Tipikal sebagian besar cewek jawa yang gampang puas. Kerja santai, perusahaan gede, gaji oke, orang2nya down to earth, apalagi yang gue cari ?

Orang2 bacod banyak tentang keluar zona nyaman. Sementara gue mikir kalo udah nyaman ya ngapain ditinggalin. Gue kan nggak se-gemini itu.

Fyi, gue libra

Gue di Kalbe udah hampir 3 tahun. Dua tahun jadi customer service. Khatam betul dengan siksaan customer yang kalo marah udah cem Godzilla. Setelah dua tahun, gue diminta jadi reporting yang urusannya langsung sama Bapak (Head-nya divisi gue).

Bapak kebetulan Orang Jawa, tepatnya Jogja. Bisa dibayangin dong, akhlaknya se-kalem apa. Gue kalo ngobrol sama beliau pake krama inggil, dan menariknya, beliau balas obrolan gue pake krama inggil juga :’) padahal usia beliau kayanya hampir sama kek usia Abi gue.

Oh iya, Gue ngga mau bahas jobdesk gue sebagai reporting panjang kali lebar karena fokus tulisan ini bukan itu. Tapi cerita jadi reporting bakal tetep gue bahas nanti sih, pas gue udah beneran ngga di Kalbe lagi.

Awalnya gue cerita ke Ci Pipi dulu karena Bapak belom dateng. Cici kaget, jelas. reaksinya abstrak. Dia tanya apa gue udah mikirin ini semua mateng mateng. Ci Pipi mendukung keputusan gue tapi doi juga ngasih gue banyak advise. Secara Cici lumayan expert dibidang yang sebentar lagi mau gue jalanin. Ngobrol sama cici aja udah bikin gue ambyar

Abis itu, Bapak datang ke kantor. Keliatannya abis meeting dan lagi seneng soalnya senyum senyum ketawa ketawa. Kayanya pencapaian perusahaan lagi bagus.

Eh tapi setiap hari Bapak emang selalu begitu. Ceria, teduh, bikin tenang. Tipikal pemimpin yang mengayomi semua karyawan. Ya Allah bapak kalau minta tolong ke OB aja ngga lupa minta maaf dulu dan selalu manggil Mas. 

Lumayan gemeter, gue masuk ke ruangannya beliau. 

Gue duduk, dan bilang “Pak, saya mau resign”

Gue ngga tahu apa gue yang ke-pede-an atau gimana. Tapi yang jelas, liat mukanya bapak abis gue bilang mau resign di tanggal 20 bulan ini, bener bener bikin hati gue sakit tanpa alasan. Wajahnya yang tadinya ceria jadi kaget-bingung-dan ekspresi ekspresi lainnya yang gue bahkan gabisa ilustrasiin itu representasi dari perasaan apa. Yang gue tahu gue tiba tiba sedih aja

Tolol, karena gue resign juga mau gue sendiri. Ga ada paksaan dari siapapun

Lama gue ngobrol dengan bapak. Bapak ngga banyak bicara, beliau diam mendengarkan. Sekalinya bicara, Bapak nawar biar gue gajadi resign, minimal sampai 31 Januari. Soanya emang, ada salah satu jobdesk gue yang berkaitan dengan pemasukan perusahaan dan kalo gue resign, penggantinya harus cepet dicari biar sistemnya tetep berjalan. Sementara, bapak bener bener don’t have any idea siapa yg bakal gantiin gue nanti.

Lagi lagi bapak nawar biar resignnya paling tidak akhir November. Tapi keputusan gue bulat. Gue ada rencana pulang seminggu ke Lumajang sebelum mulai kerja lagi (di kantor baru) di awal Desember entar.

Waktu itu Gue ngerasa jahat dan egois banget. Anjir Gue sedih ngga main main. Sakit bro bikin bingung orang yang udah lu anggap sebagai orang tua lo sendiri.

Short story, akhirnya bapak mengiyakan keputusan resign gue. Malah, beliau mendukung.

“Pada dasarnya saya mendukung keputusan mbak bita. mbak bita pintar dan masih sangat muda. Sangat layak mendapatkan pengalaman dan ilmu yang lebih banyak. Tadi kan saya Cuma nawar, kali saja mbak bita berubah fikiran, hehehe”

Biasanya ketawa Bapak itu nular, entah pas itu Gue  malah makin sedih.

“yang jelas saya sangat berterimakasih karena mbak bita sudah memberikan warna untuk perusahaan ini, bakat seni mbak bita banyak membantu suasana perusahaan jadi lebih ceria. terimakasih untuk kontribusi mbak bita yang sangat banyak untuk perusahaan. mbak bita sekali lagi orang yang pintar dan sangat luwes. saya pasti sulit cari orang seperti mbak bita yang kalau disuruh ketemu orang baru, langsung bisa ngatasi. Intinya mbak bita sudah memberi warna berbeda bagi perusahaan ini, dan saya sangat berterimakasih”

Selama gue hidup, gue ga pernah di apresiasi sampe segininya. Gue sampe punya krisis kepercayaan diri akut gara2 orang2 sekitar gue suka ngerendahin dan ngeremehin keberadaan gue

Dan sekarang gue diapresiasi. Sama orang hebat lagi. Gue gabakalan mandang diri gue rendah lagi. NO

"Kalau disana Mbak Bita ngga betah, monggo bisa kembali kesini ya mbak. tapi saya berharap mbak bita punya tekad kuat untuk bisa sukses disana, dan kalaupun mbak bita bergabung lagi dengan kalbe, saya berharap posisinya jauh lebih keren dari ini nggih"


God, His words just kill me slowly


“sudah ada nama untuk menggantikan saya pak ?”

“belum ada, saya masih bingung mbak. Menurut mbak bita siapa ?”

“sepertinya xxxx tapi kata TL-nya dia masih sibuk tesis pak, kuatir kurang fokus. Kalau yyy, mba K kurang setuju. Kalau zzzz pripun pak? Orangnya pintar, cakcek tapi kalem. Njenengan kan biasanya cocok kalo kerja dengan yang kalem kalem?”

“hahaha saya cocoknya dengan mba bita”

Duh Gusti, ambyar atiku

0 komentar